Jumat, 28 Desember 2018

Regenerasi HMJ PAI 2018

Sebuah organisasi yang berhasil tidak terlepas dari kader-kader yang berkualitas, namun organisasi tersebut tidak akan bertahan lama bila tidak adanya  perekrutan pengurus baru sebagai regenerasi di masa yang akan datang. Begitu juga dengan organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (HMJ PAI), sudah seharusnya mempersiapkan generasi baru yang mampu membawa tongkat estafet kepengurusan dengan penuh rasa tanggung jawab dan komitmen tinggi.
Tahun ini HMJ PAI kembali mengadakan Penerimaan Anggota Baru (PAB) yang diikuti oleh 95 orang dari semester 1 dan semester 3, dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis, 26-27 Desember 2018 dengan mengusung tema "Membentuk Generasi HMJ PAI yang Memiliki Jiwa Loyalitas, Solidaritas dan Berkualitas dalam Berorganisasi". PAB tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena PAB sekarang dilaksanakan diluar kampus, yaitu di Gedung PCNU kabupaten Cirebon dan tempat wisata Telaga Pancar, Majalengka.
Acara pembukaan PAB dilaksanakan di halaman jurusan PAI disatukan dengan acara tasyakur program doktor bapak Drs. Nurwahdan, M.Pd, perpisahan Purna Bakti (pensiun) bapak Drs. H. Abdul Ghofar, MA dan bapak Drs. H. Aen Zaenudin, MA serta tahlilan mengenang 7 hari meninggalnya salah satu dosen PAI, alm. bapak Drs. Iding Wahidin, M.Pd. Selanjutnya, peserta PAB berangkat menuju gedung PCNU kabupaten Cirebon yang terletak di daerah Sumber kabupaten Cirebon yang berjarak sekitar 30 menit dari kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Kegiatan yang dilaksanakan disana diantaranya pembekalan materi yang diisi oleh ibu Siti Maryam Munjiat, S.S., M.Pd.I yang mengisi materi keorganisasian, bapak Drs. H. Suteja, M.Ag, selaku Ketua Jurusan PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang mengisi materi kepemimpinan, dan terakhir materi ke-HMJ-an yang diisi oleh saudara Salman Alfarisi selaku alumni HMJ PAI dan Irfan Fauzi Rahman. Setelah pembekalan materi, peserta PAB diberi kesempatan untuk menunjukkan bakatnya dalam agenda Pentas Seni, ada yang menampilkan puisi berantai, bernyanyi, musikalisasi puisi, dan sebagainya. Selanjutnya, peserta diajak untuk jelajah malam sebelum akhirnya mereka dibaiat oleh ketua umum HMJ PAI, Fatwa Alkautsar, dan disaksikan oleh seluruh panitia serta para alumni yang hadir pada acara tersebut.
Hari Kamis pagi peserta PAB berangkat menuju tempat wisata Telaga Pancar yang terletak di desa Lengkong Kulon, Majalengka. Disana peserta PAB mengikuti berbagai games seru yang melatih kerjasama dan kekompakan setiap kelompoknya.

Isbah Hasanah

About Isbah Hasanah

Hidupilah organisasi, jangan numpang hidup di organisasi.