Senin, 17 September 2018

Mahasiswa PAI yang Literat di Era Millenial

Studium General merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Jurusan PAI beserta Himpunan Mahasiswa Jurusan PAI. Kegiatan tersebut tentunya dilaksanakan dengan tema yang berbeda tiap tahunnya. Stadium General yang dilaksanakan tahun ini bertempat di gedung FUAD lantai 4 IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan kapasitas 100 kursih atau 100 peserta, tepatnya pada pukul  08.00-12.30 WIB hari Rabu tanggal 29 Agustus 2018, dengan mengusung tema “Menjadi Muslim Millenial yang Literat”.  Tema ini diusung agar kita mengamalkan budaya literasi, diantaranya yaitu membaca dan menulis dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kita dapat eksis hidup di era digital ini.
Kegiatan dimulai dan dibuka dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an yang dilantunkan oleh salah satu mahasiswa PAI. Kemudian dilanjutkan dengan kreasi seni,dari mahasiswa yaitu penampilan grup hadroh, duet shalawatan dan tari. Setelah selesai kreasi seni, kegiatan selanjutnya yaitu sambutan yang disampaikan oleh Ketua Jurusan PAI yaitu bapak DR. H. Suteja, M.Ag. Beliau sangat mendukung kegiatan ini dan memberikan motivasi yang membangun, begitupun dengan para dosen jurusan PAI lainnya yang hadir dan mengikuti kegiatan ini sampai selesai. Sambutanpun selesai, selanjutnya pemateri dipersilahkan untuk mengisi acara dengan materi dan waktu yang telah ditentukan.
M. Iqbal Dawami, S.S., M.S.I. adalah pemateri atau narasumber pada kegiatan Sttudium General yang telah dilaksanakan. Beliau merupakan seorang penulis, editor, trainer kepenulisan, dan direktur penerbit Maghza Pustaka. Karya tulisnya banyak dimuat di berbagai media massa nasional, seperti Jawa Pos, Republika dan lainnya. Begitupun dengan buku-bukunya yang sudah diterbitkan oleh banyak penerbit, diantaranya: The Miracle Of Writing (Penerbit Lutika), Kamus Istilah Populer Islam (Penerbit Erlangga) dan lainnya.
Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan Studium General ini. Pemberian materinya pun sangat enjoy, tidak menegangkan. Sembari diselingi tanya jawab, kami diajak memasuki dunia literasi. Mengetahui dan sadar bahwa membaca dan menulis itu adalah suatu kesatuan yang luar biasa. Dengan membaca kita dapat menulis, begitupun dengan menulis, tulisan kita dapat dibaca.
Menjelang akhir acara, sekitar pukul 12.00 peserta diminta untuk membuat karya tulis. Kemudian pemateri mempersilahkan peserta yang ingin membacakan karya tulisnya dengan mengangkat tangan. Diambillah lima orang untuk membacakan karya tulis mereka. Hal ini dilakukan untuk mengukur sampai mana tingkat kemampuan menulis. Kegiatan Studium General ini pun berakhir sekitar pukul 12.30 dengan pemberian reward kepada lima peserta yang beruntung dan diakhiri dengan foto bersama dengan pemateri.

Abbasiyah

About Abbasiyah

Hidupilah organisasi, jangan numpang hidup di organisasi.