Senin, 02 April 2018

Berita Acara Studi Banding Mahasiswa PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2018

Kegiatan studi banding di jurusan PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Kegiatan ini merupakan wadah pengembangan wawasan akademik yang diharapkan mampu memberikan inovasi akademik khususnya di jurusan PAI sebagai sebuah kekuatan yang besar serta untuk menyegarkan dan menggali kembali potensi-potensi yang dimiliki mahasiswa itu sendiri. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13-15 Maret dengan tujuan ke UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan MAN 1 Kota Serang. Studi banding tahun ini diikuti oleh 120 mahasiswa PAI semester 6 dan 8 dosen pembimbing.
Sebelum pemberangkatan, peserta studi banding diberi arahan dan pembekalan oleh Wadek 3 FITK, yaitu Dr. Nuryana, M.Ag sekaligus pelepasan pemberangkatan yang bertempat di masjid Al-Jami’ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada pukul 18.30 WIB. Pada acara pelepasan ini diisi dengan acara pembukaan dengan pembacaan ayat suci al-Quran oleh saudara Diki Cahya Nursidik. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh saudara Irfan Fauzi Rahman selaku Ketua Umum HMJ PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Wadek 3 FITK Dr. Nuryana, M.Ag sekaligus pelepasan pemberangkatan studi banding. Acara terakhir yaitu penutupan dengan pembacaan doa oleh saudara Ilman Nafi Nugraha.
Selanjutnya peserta diarahkan menuju depan Rektorat dan diberi pengarahan oleh dosen dan panitia. Rombongan berangkat dari kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada hari Selasa pukul 20.30 WIB dengan 3 bus pariwisata. Setiap bus didampingi oleh dosen pembimbing dan 3 koordinator mahasiswa yang bertugas untuk membimbing mahasiswa selama kegiatan studi banding ini.
Rombongan studi banding IAIN Syekh Nurjati tiba di tujuan pertama yaitu ziarah ke makam Syekh Sultan Maulana Hasanuddin Banten pada Rabu pagi pukul 03.30 WIB. Setelah ziarah rombongan melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid yang ada di komplek pemakaman, kemudian bersiap-siap untuk menuju ke UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Rombongan kembali melakukan perjalanan ke UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten pukul 07.00 WIB dan sampai disana pukul 08.15 WIB dengan disambut oleh HMJ UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Pada acara studi banding ini dimulai dengan pembukaan, yakni pembacaan ayat suci al-Quran oleh mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Acara selanjutnya ialah sambutan-sambutan, sambutan yang pertama disampaikan oleh Dr. H. Wawan Ahmad Ridwan, M.Ag selaku perwakilan rombongan studi banding, kedua sambutan dari perwakilan mahasiswa PAI IAIN Syekh Nurjati yaitu saudara Iman Rohiman. dilanjutkan sambutan ketiga dari Ketua Jurusan PAI IAIN Syekh Nurjati yang diwakilkan oleh Sekretaris Jurusan Akhmad Affandi, M.Ag. Kemudian penampilan seni tari oleh mahasiswa PAI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Sambutan ke empat dari Ketua HMJ PAI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten yang disampaikan oleh saudara Husni Abdul Aziz. Dilanjutkan dengan penampilan tari “Ronggeng Pesisir” dari mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Selanjutnya sambutan yang ke lima disampaikan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Dr. H. Subhan, M.Ed, kemudian penampilan sholawat oleh Paduan Suara Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, setelah itu penampilan Puisi dari Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Selanjutnya sambutan dari Ketua Jurusan PAI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten yang disampaikan oleh Drs. Saefudin Zuhri, M.Pd.
Acara selanjutnya yaitu penyerahan cinderamata, yang pertama penyerahan cinderamata dari HMJ PAI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten kepada HMJ PAI IAIN Syekh NurjatiCirebon dan sebaliknya. Penyerahan cinderamata kedua dari jurusan PAI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten kepada jurusan PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan sebaliknya. Penyerahan cinderamata terakhir yaitu dari dosen PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon kepada dosen PAI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Sebelum penutup ada penampilan terakhir dari mahasiswa PAI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten yakni Idrus Firdaus yang pernah mengikuti perlombaan Liga Dangdut di Indosiar. Selanjutnya penutup dan doa.
Setelah acara selesai dilanjutkan dengan Talk Show yang bertemakan “Peluang dan Tantangan Jurusan PAI pada Masa Destruktif”. Masing-masing mengutus 3 narasumber, dari UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten ada saudara Husni Abdul Aziz (Ketua Umum HMJ PAI), Didin dan Umroatul. Dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengutus saudara Irfan Fauzi Rahman (Ketua Umum HMJ PAI), Iman Rohiman dan Suhara, dan dimoderatori oleh Mahasiswa PAI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Acara talkshow berakhir pukul 13.00 WIB, setelah itu rombongan studi banding menuju MAN 1 Serang dan tiba disana pukul 14.00 WIB. Rombongan studi banding PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon disambut oleh guru-guru dan siswa dari MAN 1 Serang dan disuguhkan penampilan hadroh yang sangat bagus oleh siswa MAN 1 Serang. Selanjutnya pembukaan oleh MC dari guru MAN 1 Serang, sambutan penerimaan kunjungan oleh kepala sekolah MAN 1 Serang, sambutan penerimaan kunjungan oleh Dr. H. Wawan A. Ridwan, M.Ag. setelah itu presentasi gambaran kurikulum MAN 1 Serang yang disampaikan oleh kepala sekolah bidang kurikulum MAN 1 Serang dan presentasi pembelajaran PAI oleh guru MAN 1 Serang. Acara terakhir yaitu penutup dan doa. Setelah itu, peserta studi banding melakukan observasi dengan ditemani oleh guru MAN 1 Serang.
Pukul 16.45 WIB rombongan studi banding IAIN Syekh Nurjati Cirebon menuju ke penginapan di daerah Pandeglang dan sampai disana pukul 19.30 WIB, disini peserta bisa beristirahat untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya.
Esok harinya, Kamis 15 Maret 2018 peserta studi banding melakukan senam pagi dengan dipandu oleh saudara Suhara. Setelah senam, peserta diberikan kesempatan untuk beristirahat sejenak untuk mengikuti acara selanjutnya, yaitu outbond. Outbond kali ini dilaksanakan di tepi pantai. Peserta studi banding dibagi menjadi 8 kelompok, yang terdiri dari 4 kelompok perempuan dan 4 kelompok laki-laki. Setiap kelompok mengutus perwakilan untuk mengikuti slah satu games yang disediakan oleh panitia. Ada 3 permainan yang disediakan oleh panitia, antara lain: susun gelas air, dragon snack dan snack heart. Ketiga permainan ini mengandalkan kekompakan tim dan dapat mengarahkan satu sama lain, seperti halnya kita sebagai keluarga besar jurusan PAI harus bisa saling mendukung dan bekerjasama agar terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi para mahasiswa.
Setelah lelah mengikuti berbagai permainan, peserta dibebaskan untuk menikmati keindahan di pantai dan banyak mahasiswa dan dosen-dosen mengabadikannya dengan berfoto ria.
Pukul 13.00 WIB rombongan studi banding bertolak kembali ke Cirebon, dan sampai kembali ke Cirebon dengan selamat pada pukul 02.00 WIB Jumat dini hari.

Isbah Hasanah

About Isbah Hasanah

Hidupilah organisasi, jangan numpang hidup di organisasi.

2 komentar

Write komentar
Iman Rohiman
AUTHOR
4 April 2018 09.47 delete

Luar biasa Mahasiswa PAI smt 6

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
4 April 2018 14.27 delete

Mantap ketua panitianya

Reply
avatar