Rabu, 22 November 2017

Indahnya Alunan Kalam Illahi bersama HMJ PAI

Pekan ini, Selasa 21 November 2017 HMJ PAI mengadakan kajian Pelatihan
MTQ di Lab PAI, yang dibimbing langsung oleh Rini Nuraeni (Peserta MTQ Nasional) yang juga merupakan mahasiswa sekaligus anggota baru HMJ PAI pada periode 2017. Kajian MTQ ini merupakan pelaksanaan program kerja bidang Pendidikan dan Keilmuan yang diketuai oleh saudara Fajri Baha Uzzad.

Pada pertemuan pertama, pemateri terlebih dahulu berbagi pengalamannya dalam qiro. Rini Nuraeni memulai belajar qiro sejak kelas 4 SD, beliau termotivasi oleh teman dan kakak kelas yang begitu merdu dan penuh hikmat dalam melantunkan ayat suci al-Qur’an. Sejak itu, Rini Nuraeni belajar di mushola tempat mengaji dengan modal kemauan dan keberanian, sehingga dengan usaha dan tekad yang kuat ia dipercaya sampai sekarang untuk menjadi Qiro di KUA bahkan menjadi delegasi kampus IAIN untuk perlombaan mtq di Yogyakarta.
 
Setelah berbagi pegalaman, memasuki materi. Berdasarkan pemaparan belia, bahwa dalam qiro terdapat 7 lagu (Qiro’ah Sab’ah). Pada pertemuan pertama ini, dimulai dari belajar qiro “Bayati Qoror” yang merupakan lagu dengan nada terendah, pengaplikasiannya dicontohkan pada  Q.S al-Baqoroh ayat 14 dengan metode latihan, setiap peserta langsung mempraktikan setelah dicontohkan terlebih dahulu secara berulang-ulang.

Kajian MTQ ini diadakan satu minggu sekali pada setiap hari selasa, dengan tujuan selain untuk mengikat tali silaturahmi, mengembangkan bakat, juga menumbuhkan rasa cinta kepada kitab suci al-Qur’an melalui alunan Kalam Illahi-Nya.






Neni Rohaeni

About Neni Rohaeni

Hidupilah organisasi, jangan numpang hidup di organisasi.