Selasa, 28 November 2017

Calon Guru Ngaji Ta'lim Muta'alim

Sabtu, 25 November 2017 bertepatan denegan hari Guru, HMJ  PAI mengadakan Kajian kitab Ta’lim
Muta’alim (Karangan Syekh Jarnuzi) bersama narasumber Lia Maelasari yang merupakan Mahasiswa PAI dan Pengurus HMJ PAI di Lab PAI. Kajian Ta’lim Muta’alim yang merupakan program kerja bidang Keilmuan dan Pendidikan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa PAI sebagai penuntut ilmu dan calon guru agar mempunyai bekal kala terjun dalam pembelajaran.

Pada pertemuan pertama, materi yang dibahas yaitu muqodimah kitab yang menjelaskan beberapa fasal, diantaranya: 1) Hakikat ilmu, hukum mencari ilmu, dan keutamannya, 2) niat dalam mencari ilmu, 3) cara memilih ilmu, guru, teman dan ketekunan, 4) cara menghormati ilmu dan guru, 5) Kesungguhan dalam mencari ilmu, beristiqomah dan cita-cita yang luhur, 6) ukuran dan urutannya, 7) tawakal, 8) Waktu belajar ilmu, 9) Saling mengasihhi dan saling menasihati, 10) Mencari tambahan ilmu pengetahuan, 11) Bersikap wara’ ketika menuntut ilmu, 12) Hal-hal yang dapat menguatkan hapalan dan yang melemahkannya, 13) hal-hal ang mempermudahh datangnya rizki, hal-hal yang dapat memperpanjang dan mengurangi umur. Adapun metode yang dipakai yaitu sorogan, Pemateri membacakan dan mengartikan ke dalam bahhasa Jawa atau dalam bahasa santri dinamakan ngelughtot, setelah itu dijelasakan.
Kajian dilaksanakan dari pukul 08.30 sampai 10.00 WIB secara kontinu dan  bersifat umum, jadi bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa PAI tanpa terkecuali.

Pemateri: Lia Maelasari (IG: liamaelasari, Blog: www.liabintusyuaibiblogspot.com )





Neni Rohaeni

About Neni Rohaeni

Hidupilah organisasi, jangan numpang hidup di organisasi.