Kamis, 17 November 2016

Berita Acara Studi Banding Mahasiswa PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2016/2017


BERITA ACARA KEGIATAN
STUDY BANDING MAHASISWA PAI
IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
TAHUN 2016/2017

Kegiatan Study Banding Mahasiswa PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini merupakan kegiatan yang diprakarsai oleh usulan mahasiswa PAI semester 7 yang berkeinginan untuk mendapatkan pengetahuan baru dari kampus lain, yang kemudian oleh HMJ PAI diwadahi dan difasilitasi sehingga acara kegiatan study banding ini dapat terlaksana.

Kegiatan study banding ini dilaksanakan pada tanggal 09-12 November 2016 yang bertujuan ke UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pada kegiatan study banding ini diikuti oleh 162 peserta yang terdiri dari 148 mahasiswa PAI semester 7 dan 14 orang semester 9 dan alumni. Sebelum berangkat peserta kegiatan study banding  mengikuti pelepasan study banding bertempat di masjid Al-Jamiah IAIN Cirebon lantai 2 yang dilepas langsung oleh Dekan FITK. Pada acara pelepasan ini diisi dengan acara pembukaan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan Sholawat Nabi oleh saudari Isyraq Fauziah. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Jurusan PAI Dr. H. Suteja, M.Ag. sambutan yang kedua disampaikan oleh Dekan FITK IAIN Cirebon Dr. H. Ilman Nafi’a sekaligus penyerahan simbolis pada panitia study banding yang diwakili oleh saudara M. Yusuf dan Ayu Fadilah selaku ketua pelaksana dan sekertaris pelaksana study banding. Acara selanjutnya ialah penyampaian wejangan atau nasihat dari dosen PAI seperti dari Dra. Hj. Nurlaela, M.Ag. dan terahir acara ditutup dengan doa oleh Drs. H. Abdul Ghofar, M.A.

Rombongan berangkat dari kampus IAIN pada hari rabu tanggal 09 November 2016 pukul 14.30 WIB dengan 3 bus pariwisata. Setiap bus didampingi oleh 3 dosen pembimbing dan 2 koordinator mahasiswa yang bertugas untuk membimbing mahasiswa selama dalam kegiatan study banding ini.

Rombongan study banding mahasiswa PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon tiba di kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada esok harinya,  yakni hari kamis tanggal 10 November 2016 pukul 10.00 WIB dan langsung disambut oleh HMJ UIN Malang. Pada acara study banding ini dimulai dengan pembukaan, yakni pembacaan ayat suci Al-Quran dan Sholawat Nabi,  dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh semua peserta yang ada. Acara yang kedua ialah sambutan-sambutan, sambutan yang pertama disampaikan oleh Ketua HMJ UIN Malang saudara Aditia Muhammad Noor, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua HMJ IAIN Syekh Nurjati Cirebon saudara Lukman Harun Al-Rasyid. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua Jurusan PAI UIN Malang Dr. Marno, M.Ag, dan dilanjutkan sambutan dari Ketua Jurusan PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dr. H. Suteja, M.Ag. sambutan selanjutnya disampaikan oleh Dekan FITK UIN Malang yang pada kesempatan kali ini diwakilkan oleh Wadek 2 UIN Malang Dr. H. Wahid Murni, M.Pd. 

Acara selanjutnya ialah pemberian cinderamata dari UIN Malang yang diberikan dari Dekan FITK pada Ketua Jurusan PAI IAIN Cirebon, dan hadiah kenang-kenangan dari Ketua Jurusan PAI UIN Malang pada Ketua Jurusan PAI IAIN Cirebon. Dari pihak IAIN Cirebon pun tak lupa memberikan cinderamata dan kenang-kenangan yang diberikan oleh Ketua Jurusan PAI IAIN Cirebon pada Ketua Jurusan PAI UIN Malang, dan diberikan oleh Wadek 2 IAIN Cirebon pada Wadek 2 UIN Malang. Acara selanjutnya ialah penutupan dan doa yang dipimpin oleh Wadek 2 IAIN Cirebon Dr. H. Suklani, M.Ag.

Acara selanjutnya ialah penampilan kreasi seni dari HMJ IAIN Cirebon yang pada kesempatan kali ini menampilkan tari “Ronggeng Pesisir” yang merupakan tarian tradisional khas Cirebon, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan jurusan PAI oleh Ketua HMJ UIN Malang. Setelah acara ceremonial selesai mahasiswa IAIN diberi kesempatan untuk berkeliling UIN Malang ditemani oleh rekan-rekan HMJ UIN Malang. 

Kegiatan di UIN Malang berakhir pada pukul 14.00 WIB dan rombongan IAIN Cirebon melanjutkan perjalannya ketempat wisata petik apel Kota Batu Malang sampai pukul 16.00 WIB. setelah puas memetik dan memakan apel langsung dari pohonnya, peserta study banding ini mendatangi Brawijaya Store pusat oleh-oleh khas Malang. setelah mendapatkan oleh-oleh khas malang perjalan dilanjutkan ke hotel pitaloka kawasan kota Batu Malang. disini para peserta bisa beristirahat untuk kegiatan selanjutnya.

Esok harinya pada hari Jum’at tanggal 11 November 2016, rombongan study banding bertolak ketempat wisata Selecta Kota Batu Malang untuk mengikuti acara outbond yang sudah disiapkan oleh panitia. Pada acara kali ini peserta study banding dibagi menjadi 13 kelompok dan setiap kelompok diberikan kesempatan unjuk kebolehan dalam yel-yel kelompoknya. Setelah unjuk kebolehan dalam yel-yel peserta pun bersiap untuk mengikuti games dari panitia. Ada tiga permainan yang disiapkan oleh panitia yakni snake killer, snake crazy dan lepas borgol. Ketiga permainan ini mengandalkan kekompakan tim dan sontak mengundang gelak tawa, dikarenakn banyak sekali kelompok yang salah dalam permainan. Dalm permianan ini juga mengandung arti bahwa sebagai kelompok kita harus selalu kompak dan dapat mengarahkan satu sama lain, seperti halnya kita sebagai keluarga besar jurusan PAI harus bisa saling mendukung dan bekerjasama agar terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan bagai para mahasiswa. 

Setelah lelah mengikuti games-games ini peserta dibebaskan untuk menikmati pemandangan kebun bunga selecta, banyak pula peserta yang menagabadikan momen ini dengan berselfie ria.
Setelah duhur pukul 13.00 WIB rombongan bertolak ke Surabaya untuk wisata religi ziaroh ke makam sunan Ampel Surabaya. Tiba di kawasan makam sunan Ampel pukul 16.00 WIB dan langsung menuju makam, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tahlil dan hadiyu yang dipimpin langsung oleh Ketua Jurusan PAI Dr. H. Suteja, M.Ag. setelah selesai berziarah ke makam sunan ampel perjalanan pun dilanjutkan ke Gresik dengan tujuan ziarah makam sunan Maulana Malik Ibrahim pada saat itu sudah menunjukan pukul 21.00 WIB.

Perjalanan pun dilanjutkan kembali esok harinya yakni sabtu, 12 November 2016 dengan tujuan kota Kudus yakni berziarah ke makam sunan kudus pada pukul 08.00 WIB. Setelah berziarah banyak dari peserta study banding yang menyempatkan berfoto di menara kudus yang sangat melegenda dari zaman sunan kudus. Terlihat sekali kehangatan dan keakraban pada saat berfoto ini, antara dosen dan mahasiswa menyatu selayaknya keluarga.

Pada pukul 11.00 WIB Ketua Jurusan PAI memutuskan untuk langsung kembali ke Cirebon, dikarekan pertimbangan berbagai hal. Dan ahirnya rombongan study banding ini sampai di Cirebon dengan selamat pada malam minggu pukul 21.00 WIB.




Toto Si Mandja

About Toto Si Mandja

Hidupilah organisasi, jangan numpang hidup di organisasi.